Halaman

Selasa, 21 Februari 2012

OBAT-OBATAN



 GEJALA DAN PENYEBAB SUSAH BUANG AIR BESAR

Adapun gejala dari susah buang air besar tersebut adalah :
1. Terhambatnya buang air besar di luar kebiasaan yang normal.
2. Kesulitan buang air besar, yang ditandai dengan harus mengejan.
3. Bentuk feses kecil, kering dan keras.
4. Perut kembung dan berasa tidak enak.
5. Banyak gas terkumpul di usus dan sering kentut.
6. Diare yang sangat cair (karena hanya cairan yang bisa melewati hambatan kotoran yang keras).
Penyebab susah buang air besar secara umum adalah :
1. Kurang cairan atau serat-seratan dalam diet
2. Kurang aktivitas fisik dan latihan olahraga, sehingga menyebabkan kontraksi usus melemah yang seharusnya bisa mendorong kotoran sepanjang usus.
3. Tidak mempunyai pola buang air besar, biasanya sering mengacuhkan dorongan untuk buang air besar karena tidak mau mengganggu aktivitas kerja atau sosial.
4. Kehamilan menyebabkan tekanan pada usus
5. wasir yang membesar sehingga menghambat jalan keluar.
6. Obat-obatan tertentu seperti anti-nyeri yang mengandung opiat dan tablet besi.
CARA ALAMI MENGATASI SUSAH BUANG AIR BESAR
Cara mengatasi susah buang air besar dapat dilakukan dengan cara berikut ini :
1. Minum 6-8 gelas cairan dan 3-4 kali makanan yang mengandung serat (sayur dan buah-buahan) setiap hari.
2. Minum obat pencahar (obat ini hanya boleh diminum beberapa hari saja, karena pemakaian jangka panjang akan melemahkan usus dan memperberat konstipasi).
3. Bila kedua tindakan di atas gagal, konstipasi menetap atau tidak wajar, Anda sebaiknya periksa ke dokter.
Atau Anda juga bisa mencoba cara mengobati susah buang air besar secara alami, yakni dengan cara :
* Ambilah satu sendok teh kopi, beri gula secukupnya, tambahi sedikit garam, lalu seduh dengan air mendidih dan minum hangat-hangat kuku. Lakukanlah dua kali sehari pagi dan sore. Mudah-mudahan akan melancarkan masalah susah buang air besar Anda.

CARA MENGOBATI TEKANAN DARAH TINGGI DARAH TINGGI DAN OBATNYA ASUHAN KEPERAWATAN HIPERTENSI

Definisi Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)
Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi artinya tensi atau tekanan darahnya berlebihan atau tidak normal. Hipertensi sebenarnya merupakan akibat dari kerja keras jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Jika saluran darah pada jaringan seluruh tubuh sudah mengalami penebalan dan pengurangan elastisitas, tubuh akan berupaya menaikkan tekanan jantung agar distribusi darah dapat berlangsung normal. Namun, keadaan ini akan menyebabkan jantung menjadi cepat lelah dan rusak, sehingga fungsinya akan menurun.
Hipertensi menurut medis cenderung pula diakibatkan karena keturunan. Tekanan darah tinggi sangat berkaitan dengan penyakit jantung. Penyakit ini juga sering mengakibatkan stroke (kelumpuhan), bahkan menduduki angka tinggi penyebab kematian.
Penyebab Tekanan Darah Tinggi
Terdapat beberapa faktor tenyebab tekanan darah tinggi antara lain :
1. Kelebihan berat badan.
2. Kurang berolahraga.
3. Sering merasa cemas.
4. Mengkonsumsi makanan yang berkadar garam tinggi.
5. Mengkonsumsi makanan berlemak tinggi.
6. Terlalu banyak minum alkohol.
7. Merokok.
Ciri-ciri dan Gejala Tekanan Darah Tinggi
Beberapa ciri hipertensi dan gejala tekanan darah tinggi sebagai berikut :
1. Saat bangun tidur, kepala bagian belakang terasa sakit.
2. Pelupa dan sulit konsentrasi.
3. Mudah marah.
4. Susah tidur.
5. Cepat letih dan lesu.
6. Terkadang sulit buang air.
Cara Mengatasi dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
1. Lakukan Olah Raga
Upayakan olah raga ringan rutin di pagi hari selama 30 menit saja. Olah raga ringan yang bisa Anda lakukan adalah jogging, jalan kaki, bersepeda santai, berenang, senam, atau aerobik. Jalani olah raga ringan ini dengan hati yang gembira dan banyak tersenyum.
2. Makan Makanan Yang Mengandung Kalium
Untuk dapat menurunkan tekanan darah tinggi , Anda juga bisa melakukan diet yaitu dengan memakan makanan yang mengandung Kalium, karena Kalium bermanfaat bagi tubuh untuk menekan kandungan garam yang kita makan dari makanan yang kita konsumsi. Usahakan untuk sering memakan buah pisang (mengandung 422 mg Kalium), kentang panggang dengan kulit (mengandung 738 mg Kalium ), Jus buah jeruk (mengandung 496 mg Kalium per gelas, Yougurt (mengandung 531 mg kalium per botol ).
3. Kurangi Penggunaan Garam Berlebih Pada Makanan
Jika Anda membeli makanan kemasan di supermarket, coba dilihat kandungan di natrium yang tertulis di kemasan. Perlu diketahui bahwa penderita hipertensi batas asupan garam yang direkomendasikan adalah 1500 mg per hari. Kenapa kita harus tetap mengkonsumsi garam? Karena garam mengandung Natrium yang diperlukan oleh tubuh kita.
4 . Jangan Merokok
Sebenarnya anjuran untuk tidak merokok berlaku untuk semua orang baik yang sehat, apalagi yang sakit. Perlu diketahui bahwa perokok lebih beresiko tinggi mengidap penyakit hipertensi daripada orang yang tidak merokok. Jika Anda mengidap penyakit hipertensi dan masih sering merokok, usahakan berhenti merokok sama sekali karena dengan tidak merokok dapat menurunkan tekanan darah Anda.
5. Jaga Berat Badan Ideal
Penelitian medis menunjukkan bahwa dengan menjaga berat badan ideal maka kerja jantung akan normal dan bisa menekan tekanan darah tinggi Anda. Akan tetapi sebaliknya, jika Anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan maka hal ini akan membuat kerja jantung Anda menjadi lebih berat karena banyak lemak menumpuk di saluran pembuluh darah Anda. Oleh karena itu, jagalah tubuh supaya tetap langsing.
6. Jangan Minum Atau Makanan Yang Mengandung Alkohol
Hindari minuman dan makanan yang yang mengandung alkohol, contohnya : minuman bir, tape, shake. Karena mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan resiko penyakit hipertensi.
7. Lakukan Relaksasi Untuk Menghindari Stress
Untuk menghindari stress maka Anda perlu melakukan relaksasi . Adapun cara relaksasi yang diajurkan adalah berdoa dan selalu ingat kepada Allah, senam jasmani, senam yoga, jalan di pagi hari, Olah raga pernapasan, dan meditasi. Jika Anda bisa menjalankan program relaksasi tersebut maka dapat membantu mengendalikan detak jantung Anda sehingga bisa mengurangi tekanan darah Anda.
8. Hindari Minuman Kopi Atau Minuman Yang Mengandung Kafein
Bagi orang yang sehat saja, terlalu banyak minum kopi adalah hal yang tidak baik bagi kesehatan, apalagi bagi penderita hipertensi. Karena kandungan kafein dapat meningkatkan tekanan darah Anda.
9. Perbanyak Minum Air Segar
Dengan mengkonsumsi air putih sebanyak 2.5 liter setiap hari, maka dapat meningkatkan kebugaran tubuh kita. Ingatlah, bahwa organ tubuh tersusun dari rangakaian sel yang membentuk jaringan, dan air adalah salah satu unsur terbanyak dan terpenting dalam pembentukan dan perkembangan sel.
Makanan dan Buah Penurun Tekanan Darah Tinggi
Buah Mengkudu
Buah mengkudu ukuran sedang yang sudah cukup tua di cuci bersih, di iris-iris atau di parut, kemudian diperas airnya. Air perasan di minum sekaligus, 2 sampai 3 kali sehari.
Buah Belimbing
Buah belimbing yang besarnya sedang dan kondisinya agak matang. Buah belimbing diparut, kemudian diperas airnya sebanyak 1 (satu) gelas. Minumlah pagi dan sore selama 1 (satu) bulan.
Akar Pohon Pepaya
Akar pohon pepaya yang tinggi pohonnya 1(satu)meter. Cuci bersih akar tersebut dengan 1 (satu) liter air hingga mendidih dan tersisa 0,25 bagian air. Minum air rebusan tadi selagi masih hangat pagi dan sore. Akar pepaya ini dapat digunakan untuk maksimal 7 (tujuh) kali rebusan.

CARA ALAMI MENCEGAH BAU BADAN TAK SEDAP

1. Selalu menjaga kebersihan badan. Dianjurkan untuk lebih sering mandi dan mengelap bagian yang sering berkeringat.
2. Rambut ketiak sebaiknya dicukur. Hal ini dimaksudkan agar ketiak tidak lembab dan tidak menimbulkan bau badan.
3. Ganti pakaian yang basah karena keringat. Gantilah dengan pakaian yang bersih dan kering.
4. Kurangi makanan yang menimbulkan aroma yang tak sedap.
5. Perbanyak makanan yang berserat dan rendah kalori (sayuran dan buah-buahan) serta cukup minum air putih.
6. Gunakan sabun anti bakteri saat mandi.

TIPS MENGHILANGKAN BAU BADAN ATAU KETIAK SECARA ALAMI
1. Minum rebusan daun sirih, satu gelas setiap hari/2 hari sekali.
2. Makan daun kemangi minimal satu genggam per hari.
3. Oleskan irisan mentimun setiap habis mandi di bagian ketiak dan bagian tubuh lain yang berbau.
4. Tidak makan makanan berlemak, terutama daging.
5. Mengurangi makanan pedas.
6. Tidak minum kopi (yang mengandung kafein).
7. Memakai deodorant yang bentuknya spray(yang bentuknya padat maupun roll-on hanya membuat ketiak basah/basah ketek, meninggalkan bekas di baju pula).
Cara 1-3 adalah untuk membuat bau badan kita lebih harum, sedangkan cara 4-6 adalah usaha untuk mengurangi keringat (bagaimanapun bau badan timbul melalui keringatyang kita keluarkan). Dan cara ke-7 adalah cara biasa untuk menjaga bau ketiak tetap wangi.
RAMUAN ALAMI UNTUK MENGATASI BAU BADAN
a. 30 gram kunyit tua diiris + 5 lembar daun sirih + asam jawa dan gula aren secukunya, direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, disaring dan airnya diminum 2 x sehari. lakukan secara teratur.
b. Daun beluntas muda dan kemangi secukupnya, dikonsumsi setiap hari sebagai lalap mentah. lakukan secara teratur.
c. Daun jeruk nipis bunga mawar + bunga melati + bunga kenanga dicuci dan direbus hingga mendidih. tambahkan air dan gunakan untuk mandi berendam. Lakukan secara teratur.

6 Manfaat dari daun pepaya untuk tubuh manusia


Berikut beberapa manfaat daun pepaya yang wajib anda tahu :
1. Sebagai Obat jerawat.
Bagi kamu yang merasa tidak pede mempunyai wajah berjerawat. Terutama bagi wanita yang selalu memperhatikan kecantikan. Daun pepaya dapat mengobatinya yaitu dengan membuatnya menjadi masker.
Cara membuat maskernya : ambil 2-3 lembar daun pepaya yang sudah tua.Kemudian jemur dan tumbuk sampai halus. Tambahkan satu setenagh sendok air, baru deh dapat di manfaatkan untuk muka penuh jerawatmu.
2. Manfaat Memperlancar pencernaan
Daun dari tumbuhan pepaya memiliki kandungan kimia senyawa karpain. Zat itu dapat membunuh mikroorganisme yang sering mengganggu fungsi pencernaan.
3. Menambah nafsu makan
Manfaat ini terutama untuk anak-anak yang sulit untuk makan. Ambil daun pepaya yang segar dan memiliki ukuran sebesar telapak tangan. Kalau sudah ketemu tambahkan sedikit garam dan air hangat setengah cangkir. Campur semua lalu diblender. Kemudian saring airnya, nah air itulah yang dapat dimanfaatkan untuk menambah nafsu makan.
4. Demam berdarah
Siapa sangka kalau pepaya juga dapat untuk menyembuhkan demam berdarah. Coba ambil 5 lembar daun. Tambahkan setengah liter air lalu direbus. Ambil air tersebut jika sudah tertinggal tiperempatnya saja. Bintang sendiri belum pernah membuktikannya, jadi jika keadaan tidak membaik segera segera ke dokter (bahkan kalaupun memabaik segera bawa ke dokter). Anggap saja ini untuk pertolongan pertama!
5. Nyeri haid
Wanita jawa zaman dulu sering memanfaatkan daun pepaya untuk mengobati nyeri haid. Cukup Ambil 1 lembar daun saja, Tambahkan asam jawa dan garam. Lalu campur dengan segelas air dan Rebus. Dinginkan sebelum meminum ramuan pepaya tersebut.
6.Anti kanker
Hal ini masih belum pasti, tapi dari beberapa penelitian bahwa manfaat daun pepaya juga dapat dikembangkan sebagai anti kanker. Sebenarnya bukan hanya daunnya saja melainkan batang pepaya juga dapat digunakan. Karena kedanya memiliki milky latex (getah putih seperti susu).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar